Senin, 17 Desember 2018

Kelebihan dan Kekurangan Metode Belajar Sistem SAP (System Application and Product in Data Processing) Melalui Lembaga Resmi

Mempelajari sistem SAP dapat dilakukan secara melalui lembaga resmi penyelenggara sistem SAP atau dilakukan dengan secara mandiri atau otodidak. Masing-masing metode atau cara belajar tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri, berikut pembahasannya jika mempelajari sistem SAP melalui lembaga resmi penyelenggara pendidikan sistem SAP. 

Kelebihan Metode Belajar Sistem SAP melalui Lembaga Resmi Penyelenggara Pendidikan Sistem SAP

  • Materi ajar lebih lengkap, yakni meliputi bahasan mengenai sejarah awal mulanya terbentuknya sistem SAP, bahasa untuk pembuatan programnya  yakni ABAP, hingga berbagai jenis modul SAP secara lengkap, bukan hanya modul-modul tertentu yang populer saja, namun lebih ditekankan pemilihannya pada tingkat urgensinya terhadap keberlangsungan perusahaan atau organisasi.
  • Dipelajari secara berurutan dari awal dan dasarnya, sehingga pengetahuan yang didapat lebih mendasar dan menyeluruh.
  • Mendapat pengakuan kemampuan secara resmi karena mendapat sertifikat.
  • Dapat dicantumkan pada CV (Curriculum Vitae) atau Riwayat Kemampuan karena terdapat sertifikat
  • Setelah lulus dapat langsung praktek menjadi konsultan SAP. 

Kelemahan Metode Belajar Sistem SAP melalui Lembaga Resmi Penyelenggara Pendidikan Sistem SAP

  • Mahal
Biaya yang diperlukan untuk belajar sistem SAP secara resmi berkisar antara 13 juta Rupiah hingga 5 ribu US Dollar. Hal ini cukup mahal jika dibandingkan dengan program ERP (Enterprise Resources Planning) lainnya, memang biaya untuk SAP lebih mahal, rata-rata program lain seperti Oracle atau SQL Server dari Iverson, mematok biaya sekitar 1 ribu US Dollar saja.
  • Cenderung lebih teoritis
Penekanan pelajaran memang cenderung lebih teoritis  karena untuk dapat melaksanakan prakteknya dengan baik harus dikuasai teorinya terlebih dahulu dengan baik, begitu prinsip metode ajarnya.
  • Membutuhkan waktu yang bisa lebih lama
  • Materi pelajaran tidak bisa memilih dengan sebebas jika melakukan belajar sistem SAP secara mandiri atau otodidak, karena pelajaran diberikan secara berurutan sesuai kurikulum yang telah disusun secara baku dan standard.
Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai kelebihan dan kelemahan belajar sistem SAP melalui lembaga resmi penyelenggara pendidikan sistem SAP. Semoga hal ini dapat menjadi masukan bagi Anda mengenai metode cara belajar sistem SAP yang akan Anda pilih untuk dilakukan.

0 komentar

Posting Komentar