Senin, 21 Mei 2018

5 Tips Membuat Rumah dengan Dana Minim tapi Hasil Memukau

Membuat rumah seringkali diidentikan dengan biaya yang mahal dan seringkali merepotkan. Anggapan tersebut tentunya wajar apabila mengingat biaya properti yang terus menanjak. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa mewujudkan memiliki rumah impian dengan dana terbatas. Berikut ini ada 5 tips yang bisa Anda lakukan atau tiru langsung.


1. Membuat Konsep Rencana Pembangunan

Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan membuat konsep pembangunan yang terencana. Untuk konsep yang terencana ini sendiri terdiri dari desain yang diinginkan, luas tanah, berbagai properti yang dibutuhkan hingga lama pekerjaannya. Perlu diketahui antara satu hal dengan hal lainnya saling berhubungan satu sama lain. 

Dalam arti kata lain, apabila terjadi kekeliruan atau masalah pada satu hal maka akan berimbas langsung pada hal lainnya bahkan secara keseluruhan. Contohnya adalah ketika lama pekerjaan ternyata mengulur karena berbagai hal. Kondisi tersebut pastinya akan membuat biaya yang mesti dikeluarkan juga lebih banyak dari anggaran yang sudah disiapkan jauh-jauh hari.

2. Menentukan Konsep Desain Bangunan

Berikutnya adalah dengan cara menentukan konsep desain bangunan. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu memboroskan anggaran maka disarankan untuk menggunakan konsep yang tidak terlalu nyleneh. Soalnya konsep yang terlalu sulit direalisasikan pastinya harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Lebih baik memilih konsep minimalis yang lebih bersahabat harganya. 

3. Menggunakan Bahan Semi Febricated

Penggunaan bahan yang tepat juga menjadi faktor penentu berikutnya dari dana yang mesti dalam menciptakan rumah impian. Supaya anggaran tidak terlalu berlebihan maka disarankan untuk menggunakan bahan semi fabricated yang lebih murah. Soalnya bahan yang satu ini meskipun murah tapi tetap masih diandalkan kualitasnya untuk rumah impian Anda. 

Bagi Anda yang belum tahu bahan semi fabricated juga dikenal sebagai bahan setengah jadi. Dalam arti kata lain, bahan yang satu ini masih bisa diolah untuk menjadi sesuai dengan keinginan Anda. Contoh yang paling mudah adalah bata cor yang merupakan pengganti dari cor beton.

4. Melakukan Pengumpulan Material

Tips berikutnya yang juga bisa Anda coba adalah dengan melakukan pengumpulan material. Maksudnya adalah Anda bisa dengan mengumpulkan terlebih dulu materi bangunan yang diinginkan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini berguna untuk lebih menghemat dana daripada membeli material dalam satu waktu yang sama. 

5. Menentukan Konsep Bentuk Bangunan

Terakhir adalah dengan menentukan konsep bentuk bangunan itu sendiri. Supaya tidak melebihi anggaran yang dimiliki maka usahakan konsep bentuk bangunan yang dimiliki tidak terlalu rumit. Hal ini guna mencegah biaya berlebih untuk membeli berbagai material untuk mewujudkannya. 

Kelima tips di atas bisa Anda praktikan dalam membuat rumah yang memukau tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa profesional agar biaya juga dapat lebih terkontrol.

0 komentar

Posting Komentar